PERENCANAAN BISNIS IE BANDREK CELUP


PERENCANAAN BISNIS IE BANDREK CELUP


Disusun oleh:
Kelompok 5

1.      Amelia             1606103020035
2.      Ulfa Fitria        1606103020046
3.      Yuana Sartika 1606103020007















Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Syiah Kuala
Tahun Ajaran 2017/2018



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “PERENCANAAN BISNIS IE BANDREK CELUP” dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.
Makalah ini kami buat untuk melengkapi tugas mata kuliah “Pengembangan Kewirausahaan Pendidik” yang diasuh oleh bapak Nazaruddin. Makalah ini telah kami selesaikan dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.
Semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas. Apabila terdapat kesalahan baik dalam penulisan maupun struktur kalimat kami mohon maaf. Kritik dan saran yang membangun kami harapkan.


Banda Aceh, 17 April 2018

Penulis


DAFTAR ISI









BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Alasan Mendirikan Usaha

Berbicara mengenai penghasilan, tentunya banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya dengan bekerja. Namun untuk memiliki pekerjaan, tentunya tidak semudah menemukan satu jarum di pabrik jarum. Karena, untuk saat ini, lowongan pekerjaan semakin sulit ditemukan. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya pencari kerja yang melebihi kuota lowongan pekerjaan yang ada, sehingga lowongan pekerjaan menjadi sulit di temukan.
Mengamati lowongan kerja yang semakin sulit di temukan. Ketika ada lowongan kerja yang di jumpai, sepertinya banyak yang langsung berlomba-lomba ingin mendapatkan pekerjaan tersebut. Padahal, belum tentu lowongan pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan kita. Itulah salah satu penyebab banyaknya pengurangan tenaga kerja di beberapa perusahaan.
Oleh karena itu, sebelum kita mencari pekerjaan, sebaiknya kita pahami kemampuan yang ada pada diri kita, di bidang apa kita mampu bekerja. Setelah kita memahami kemampuan kita, seharusnya kita juga jangan terburu-buru mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita. Akan lebih baik jika kita berusahaterlebih dahulu menggunakan kemampuan kita tesebut untuk membuka usaha sendiri. Karena, selain terhindar dari resiko di pecat, membuka usaha sendiri juga dapat menambah lapangan pekerjaan baru.
Seperti yang kita ketahui, membuka usaha sendiri tentu dapat mengurangi angka pengangguran dan menambah lapangan pekerjaan baru. Menurut Comtelcell, itu merupakan salah satu alasan kenapa kita juga harus mencoba untuk membuka usaha sendiri daripada bekerja pada orang lain. Selain itu, masih banyak lagi alasan lain kenapa kita harus mencoba memulai mendirikan usaha sendiri daripada bekerja pada orang lain.




Di sini kami mencoba membuka usaha dengan menjalankan usaha “Ie Bandrek Celup” .di mana usaha kami berbeda dengan usaha bandrek-bandrek lainnya. Karena bandrek kami disajikan dalam bentuk celup dan hasilnya tidak memiliki ampas tanpa perlu disaring terlebih dahulu. Bandrek yang kami hasilkan berbentuk bungkusan yang dapat dicelup, sehingga mudah dalam mengkonsumsinya tanpa harus direbus dan menghemat waktu dalam penyajiannya.
a.      Peluang bisnis untuk minuman bandrek
Peluang untuk minuman bandrek terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Dimana melalui bisnis minuman bandrek ini bisa mendatangkan keuntungan yang bombastis. Bisnis minuman bandrek menjadi suatu pilihan bisnis minuman tradisional yang hangat yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik untuk menukuni bisnis tersebut,  sangat menguntungkan bagi siapa saja yang mau membuka bisnis minuman bandrek ini, karen proses produksi yang mudah juga laba yang menguntungkan. Dan dikarenakan akan banyak pesaing yang ingin menekuni bisnis ini akan lebih baik jika dibuat berbagai kreasi menarik yang berbeda sehingga terlihat lebih menarik dibanding yang biasanya. Untuk itu disini kami akan memulai bisnis minuman bandrek celup yang bisa dibawa kemana-mana tanpa harus berpikir dimana tempat untuk merebusnya terlebih dahulu.
b.      Konsumen bisnis minuman bandrek
Konsumen minuman bandrek terbuka luas dan tidak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa bisa mengkonsumsi minuman ini, karena berbagai manfaat dan khasiatnya bisa didapatkan dari minuman bandrek.

c.       Lokasi penjualan minuman bandrek
Dalam proses penjualan minuman bandrek celup ini, bisa ditempatkan di kios-kios, minimarket, dan pasar-pasar lainnya. Karena bentuknya yang sudah bisa digunakan secara lansung tinggal dicelupkan ke dalam air hangat, sudah dibungkus dengan rapi sehingga jika diletakkan di tempat-tempat penjualan lain tidak akan membuat kita ragu akan menggangu proses penjualan lain, dan tidak ditakutkan akan tumpah ataupun berceceran.


1.2  Tujuan Mendirikan Usaha

·         Menjual produk secara inovatif kepada pelanggan.
·         Menyediakan minuman bandrek dengan versi celup yang lansung bisa digunakan dan bisa dibawa kemana-mana tanpa harus direbus terlebih dahulu.
·         Sarana mendekatkan diri dan menjalin kerjasama antar pemasok dan antar pelanggan.
·         Memberikan cita rasa produk, kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan.
·         Menfasilitasi pelanggan untuk membagi ceria sebagai lambang cinta dan persahabatan orang-orang yang disayangi.
·         Menjadi pilihan utama para pelanggan yang ingin menikmati minuman bandek dengan kenyamanan dan kepuasan tersendiri tanpa harus repot – repot dalam menyajikannya
·         Memberikan manfaat bagi kesehatan pelanggan
·         Menjadikan obat bagi yang sedang demam atau flu.
·         Pilihan utama saat musim sejuk
·         Menghangatkan kehidupan keluarga




BAB II ISI

2.1 Aspek Umum

A.    Nama Usaha
Nama Usaha kami yatu “Ie Bandrek Celup”. Ie Bandrek Celup adalah konsep minuman wedang yang dibuat dari bahan-bahan alami. Minuman hangat yang khas dengan rasa jahe dan rempah rempah alami ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Sudah dipercaya sejak zaman dahulu bahwa jahe merah memiliki khasiat yang baik untuk tubuh yaitu untuk menghangatkan tubuh, menghindari masuk angin, menyegarkan badan dan menghilangkan capek capek. Minuman ini sangat pas dinikmati di malam hari dan juga musim penghujan. Untuk memudahkan penikmat dan pecinta bandrek, ide usaha bandrek celup merupakan salah satu alternatifnya. Dengan adanya kemasan celup bandrek maka para penikmatnya dapat membuat bandrek dengan cepat, mudah dan dapat dibawa kemana saja. Keunggulan produk ini dibandingkan dengan yang lain ialah rasanya yang original khas aceh, membutuhkan waktu yang efisien dalam menyajikannya, terbuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari Aceh serta dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para pelancong.
Secara khusus Bandrek ini memilik khasiat : 
·                Mengobati Masuk angin
·                Menghilangkan capek capek
·                Meredakan ngilu ngilu ditulang
·                Meredakan pusing-pusing
·                Menjaga Stamina
·                Menghangatkan badan
·                Menambah nafsu makan
·                Menghangatkan suasana

B.     Strategi memasarkan Usaha
Dalam memasarkan bisnis minuman bandrek ini kami akan menempatkan di kios-kios, minimarket, warkop-warkop dan pasar-pasar lainnya. Sehingga jika pelanggan ingin menikmatinya maka bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan karna tersedia lansung di tempat penjualan tersebut. Para pendatang atau touris juga menjadi target pemasaran usaha bandrek celup, pendatang dapat membawa bandrek celup sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tempat asalnya. Selain itu juga bisa memanfaatkan promosi minuman tradisional yang hangat minuman bandrek celup dimedia sosial baik facebook, whatsap, instagram dan lainnya.

C.     Pemilik Usaha
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama. Karena ini masih dalam tahap permulaan maka bisnis ini akan kami jalankan sama-sama terlebih dahulu. Untuk kedepannya apabila diperlukan kami akan merekrut karyawan dalam menjalankan bisnis minuman bandrek celup ini. Kami beranggota 3 orang yaitu Yuana Sartika, Ulfa Fitria dan Amelia.

D.    Harga jual
Bandrek celup dibandrol dengan harga Rp13.000,00-Rp15.000,00 per kotak.

2.2 Strategi Pengelolaan

A. Persiapan Awal dalam membuka usaha Ie Bandrek Celup

Persiapan pertama untuk memulai usaha ini  adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Setelah itu menyangkut masalah operasional dari rencana usaha dan masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan Mulai dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki menyangkut bidang pekerjaan, untuk pemasaran minimal harus mengerti cara pengolalaan dasar. Dalam hal ini dituntut untuk pandai mengelola teknik pepmasarannya. Namun, untuk menjadi pengusaha bandrek celup tidak harus menjadi ahli terlebih dulu, tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu sendiri.

B. Perhitungan keuangan

Rincian Perlengkapan

No
Nama Barang
Jumlah
1
Tikar
5
2
Baskom
10
3
Penumbuk
2
4
Centong
3
5
Sendok teh
5

Rincian Biaya


No
Nama Barang
Satuan
Harga Satuan
Jumlah
1
Tikar
2
Rp50.000,00
Rp100.000,00
2
Baskom
10
Rp5.000,00
Rp50.000,00
3
Penumbuk
2
Rp15.000,00
Rp30.000,00
4
Centong
2
Rp5.000,00
Rp10.000,00
5
Sendok teh
3
Rp500,00
Rp1.500,00
Perkiraan Biaya Keseluruhan
Rp191.500,00


Pembelian bahan 1 kali produksi


No
Nama barang
satuan
harga satuan
jumlah
1
Gula aren
15 kg
Rp 10.000,00
Rp150.000,00
2
Jahe merah
3 kg
Rp 20.000,00
Rp 60.000,00
3
Jahe putih
2 kg
Rp 10.000,00
Rp 20.000,00
4
Kayu manis
4 kg
Rp 35.000,00
Rp140.000,00
5
Lada hitam
1 kg
Rp 40.000,00
Rp 40.000,00
6
Lada putih
1 kg
Rp 50.000,00
Rp 50.000,00
7
Serai
4 kg
Rp 30.000,00
Rp120.000,00
8
Garam
0,25 kg
Rp 2.500,00
Rp 2.500,00
9
Daun pandan
0,5 kg
Rp 5000,00
Rp 5.000,00
10
Cengkeh
1 kg
Rp 90.000
Rp 90.000,00
11
Kotak
100 Buah
Rp500,00
Rp5.000,00
12
Kantong celup dengan benang
20 piece (50 buah/piece)
Rp7.500,00
Rp150.000.00
13
Sampul
2 Meter
Rp3000,00
Rp6.000,00
14
Kardus
1 Buah
Rp3000,00
Rp3.000,00
Perkiraan Biaya Keseluruhan
Rp841.500,00

Kebutuhan lainnya


Nama Kebutuhan
Biaya
Listrik
Rp 50.000/bulan
Jasa pengiriman
Rp 20.000/bulan
 Sewa tempat
Rp 300.000/bulan
Total
Rp 370.000,00

Harga Jual dan Perolehan Laba

1. Produksi Awal (200 kotak)
Modal
Harga Jual/kotak(200 kotak)
Laba
Alat : Rp191.500,00
Bahan : Rp841.000,00
Lain-Lain : Rp370.000,00
Rp13.000,00 x 200
Rp5.850,00
Total        : Rp1.403.000,00
Rp2.600.000,00
Rp1.170.000,00

2. produksi Kedua
Modal
Harga Jual/kotak(200 kotak)
Laba
Bahan     : Rp841.000,00
Rp13.000,00 x 200
Rp 8.795,00
Total        : Rp841.000,00
Rp2.600.000,00
Rp1.759.000,00

4.      produksi perbulan ( 4 kali Produksi )
Modal
Harga Jual/kotak(800box)
Laba
Bahan     : Rp841.000,00 x 4
                : Rp3.364.000,00
Lain-Lain : Rp370.000,00
Rp13.000,00 x 800
Rp8.332,50/box
Total        : Rp3.734.000,00
Rp10.400.000,00
Rp6.666.000,00








 2.3 langkah pembuatan Ie Bandrek Celup

            Langkah-langkah pembuatan Ie Bandrek Celup adalah sebagai berikut:
1.      Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan
2.      Jemur bahan-bahannya hingga kering
3.      Haluskan bahannya dengan cara menumbuk
4.      Masukkan ke dalam kantong celup yang telah jadi
5.      Masukkan ke dalam kotak pembungkus
6.      Ie Bandrek Celup siap dipasarkan.

2.4 Strategi Pemasaran

                Strategi pemasaran yang diterapkan dalam memperkenalkan Ie Bandrek Celup:
1. Memasang iklan baris di koran.
2. Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).
3. Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkotaan.
4. Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
5. Mendatangi langsung konsumen yang potensial.
6. Berpromosi lewat surat (direct mail).
7. Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up todate.
8. Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya
9. Memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
10.  Mencari calon konsumen di pameran-pameran.


BAB III PENUTUP



Dapat dilihat bahwa bisnis lan Ie Bandrek Celup sangat manarik di kembangkan bagi pengusaha-pengusaha baru, walaupun laba yang di dapatkan tidak terlalu besar tetapi jika terus dikembangkan maka bisnis ini dapat diperhitungkan. Oleh karena itu, kami sebagai mahasiswa sangat tertarik untuk menjalankan bisnis ini, karena tidak hanya memerlukan modal kecil tetapi laba yang diperoleh sangat membatu biaya perkuliahan.
Dari pembahasan yang telah dijelaskan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa usaha Ie Bandrek Celup ini dapat membuka peluang usaha yang cukup besar dengan memperkuat konsep dan pemasaran yang akan dilakukan agar usaha ini lebih maju dan lebih besar lagi.
Selain itu usaha ini dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi laba yang didapatkan sangat memuaskan. Selain itu, jika usaha usaha ini terus dikembangkan maka banyak tenaga kerja yang dibutuhkan dalam usaha ini. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan pekerjaan.
Dan dalam hal keuntungan atau laba juga cukup menjanjikan karena dalam waktu 1 bulan, diperkirakan modal telah kembali.


DAFTAR PUSTAKA


www.tokomesin.com>peluangbisnisie-bandrek-celup











Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

MAKALAH LINGKUNGAN BELAJAR

Paper Pemograman Berbasis WEB