Paper Pemograman Berbasis WEB


PEMROGRAMAN BERBASIS WEB


Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Perancangan Pemrograman Web


Disusun oleh:
Yuana Sartika           1606103020007
Amelia                        1606103020035


Dosen Pengasuh
Mukhlis Hidayat, S.Pd. M.kom





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM, BANDA ACEH
2019

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Petunjuk, kesehatan, ketabahan, dan kesabaran Kepada kami sehingga kami bisa menyusun paper yang berjudul “PEMROGRAMAN BERBASIS WEB” tepat pada waktuya.
Dalam kesempatan ini tidak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman, kerabat, dan semua pihak yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan bantuannya sehingga tugas makalah ini dapat terselesaikan.
Adapun tujuan utama atas penyusunan makalah ini guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perancangan Pemrograman Web.
Kami menyadari dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang membangun, demi terciptanya makalah yang lebih baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.



                                                                                    Darussalam, 12 November 2019


                                                                                    Penulis


DAFTAR ISI





BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Perkembangan Teknologi Informasi di seluruh dunia telah membuat hidup manusia menjadi semakin mudah. Terutama sejak diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan, baik hambatan geografis maupun hambatan waktu. Kita dapat segera berkomunikasi dengan keluarga /saudara / teman yang berada di belahan dunia lain secara langsung melalui jaringan internet.
Sudah tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa perkembangan teknologi komputer sudah sangat maju. Perkembangan teknologi komputer memberikan manfaat yang cukup besar di segala bidang. Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, akurat dan efisien, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bermunculnya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi informasi, seperti e-government, e-commerce, e-education, elearning, e-medicine, e-laboratory dan lainnya, yang kesemuanya itu dimaksudkan untuk memudahkan mendapatkan sebuah informasi yang diinginkan seseorang.
Seiring perkembangan teknologi informasi tersebut, tentunya harus bisa dimanfaatkan untuk dapat mengambil keuntungan dari dampak perkembangan teknologi informasi tersebut. Sistem manual yang memiliki banyak kelemahan sudah semestinya ditinggalkan dan beralih kepada sistem informasi yang terkomputerisasi. Sebesar apapun manfaat dari perkembangan teknologi informasi jika tidak dimanfaatkan maka keunggulan atau manfaatnya menjadi tidak berguna.
Perkembangan   tenik   dan   bahasa   pemrograman   dalam   mendesain   dan pemrograman   web   akhir-akhir   ini   sudah   semakin   berkembang.   Kebutuhan   untuk mempermudah dan memperindah desain suatu web mutlak dibutuhkan. Oleh karena itu pada paper ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu dipahami dalam bahasan pemrograman web, sehingga tulisan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi semua pihak.

1.2  Rumusan Masalah

1.2.1                    Bagaimanakah konsep pemrograman berbasis web?
1.2.2                    Bagaimanakah cara kerja suatu website?
1.2.3                    Bagaimanakah perbedaan pemrograman berbasis web dengan berbasis desktop?
1.2.4                    Apa saja jenis-jenis bahasa pemrograman berbasis web?
1.2.5                    Apa saja tools yang diperlukan dalam pengembangan suatu web?
1.2.6                    Apa itu web browser dan keunggulan masing-masing web browser tersebut?
1.3.1                    Jelaskan berbagai istilah dalam website!

1.3  Tujuan

1.3.1                  Untuk mengetahui konsep pemrograman berbasis web
1.3.2                  Untuk mengetahui cara kerja suatu website
1.3.3                  Untuk mengetahui perbedaan pemrograman berbasis web dengan berbasis desktop
1.3.4                  Untuk mengetahui jenis-jenis bahasa pemrograman berbasis web
1.3.5                  Untuk mengetahui tools yang diperlukan dalam pengembangan suatu we.
1.3.6                  Untuk mengetahui web browser dan keunggulan masing-masing web browser.
1.1                        Untuk mengetahui istilah-istilah dalam website.

BAB II ISI


2.1  Konsep Pemrograman Berbasis Web

Pemrogaman berbasis web terdiri dari tiga kata yang masing-masing artinya adalah sebagai berikut :
·         Pemrograman = proses membuat sebuah program komputer
·         Berbasis = berdasarkan pada
·         Web = halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.
Dari pengertian-pengertian masing-masing kata dapat disimpulkan bahwa pemrograman berbasis web adalah proses membuat sebuah program komputer yang berdasarkan pada halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, grafi, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Untuk membuat sebuah pemrograman berbasis web dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman tertentu yang dapat mendukung program tersebut. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh programer untuk membuat sebuah program yang dapat memberikan instruksi pada mesin atau komputer.
World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI).
WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya. Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama browser web yang mengambil informasi (disebut "dokumen" atau“halaman web") dari server web dan menampilkannya, biasanya di sebuah monitor. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang  berkaitan yang disebut “situs web".
Kegiatan pindah halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya sering disebut "surfing"atau"berselancar“ • Halaman – halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL (Uniform Resource Locator) yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage, dan biasanya disimpan dalam server yang sama.
Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs – situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain – lain.
Pemrograman web berarti membuat aplikasi berbasis web. Aplikasi berbasis web yaitu aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web (WWW). Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang:
·         Berarsitektur client-server  
Ø  software web browser di sisi client  
Ø  software web server di sisi server
·         Menggunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol) dalam komunikasi antara client dan server
·         Mempunyai fungsi untuk mengambil/menjalankan isi file dokumen web di server dan menampilkannya di sisi client
Membuat aplikasi berbasis web berarti:
·         Memperkaya fungsiweb server dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh server ketika file dokumen web tersebut diakses oleh web server. Misalnya, program yang mengambil data kebasis data untuk ditampilkan ke web browser.
·         Memperkaya interaktivitas dokumen dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh web browser ketika file dokumen tersebut ditampilkan oleh web browser. Misalnya, program yang memvalidasi data masukan pada form sebelum disubmit ke web server.
Kelebihan aplikasi berbasis web diantaranya:
·         Dapat diakses kapanpun dan darimanapun selama ada internet
·         Dapat diakses hanya dengan menggunakan web browser (umumnya sudah tersedia di PC, PDA danhandphone terbaru), tidak perlu menginstall aplikasi client khusus.

Adapun kekurangan aplikasi berbasis web yaitu:
·         Antarmuka yang dapat dibuat terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen web dan keterbatasan kemampuan web browser untuk menampilkannya.
·         Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.


2.2  Cara Kerja Suatu Website

Seperti pada gambar dibawah ini:
a.       User mengetik URL dibrowser
b.      Browser menghubungi  server yang tersebut pada URL
c.       Setelah terhubung, browser mengirimkan HTTP request
d.      Server menjawab dengan mengirim HTTP response (berisi header dan isi dokumen)
e.       Untuk dokumen yang terdiri atas beberapa file (misalnya dokumen bergambar), browser harus mengirimkan HTTP request lagi untuk setiap file.
f.        Browser menampilkan semua isi dokumen kepada user.

2.3  Perbedaan Pemrograman Berbasis Web Dengan Berbasis Dekstop

Aplikasi Web adalah suatu aplikasi berbasis web dapat beroperasi jika ada jaringan/koneksi internet. Sedangkan aplikasi Desktop adalah suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer. Salah satu perbedaan yang mendasar dari web based dan desktop based adalah bahasa pemrogramannya kalau pada desktop based di dukung oleh beberapa macam program seperti Microsoft office, Borland Delphi, dll sedangkan untuk web based menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, JavaScript, dll.
Berikut rincian perbedaan antara pemrograman berbasis web dengan berbasis desktop:
           

Aspek


Web Application

Desktop Application
Kemudahan Akses
Mudah diakses dari komputer atau perangkat portable yang memiliki akses Internet
Tidak mudah diakses, harus mendatangi komputer yang terinstal program tersebut
Instalasi 
Aplikasi web memerlukan instalasi tunggal (yang diletakkan di hosting)
Aplikasi desktop harus diinstal secara individual pada setiap komputer
Keamanan
Lebih rentan terhadap gangguan keamanan (hacking, cracking, dll)
Gangguan keamanan rendah
Biaya
Membutuhkan biaya berlanggan (domain, hosting). Jika tidak diperbaharui, aplikasi tidak dapat diakses
Tidak memerlukan biaya berlangganan, sekali program dibuat hanya memerlukan biaya maintenance/pembaharuan
Interaksi penggunaan
Tidak semua aplikasi desktop dapat berjalan di semua Sistem Operasi.
Dapat berjalan disemua Sistem Operasi, yang penting ada web browser dan koneksi internet.
Penggunaan jaringan
Tidak bergantung pada internet (dapat berjalan secara offline)
Untuk menjalankannya dibutuhkan koneksi internet (tapi juga dapat berjalan secara offline)
Akses
Terbatas pada laptop atau PC
Dapat diakses dimana saja (mobile, tablet atau PC) asal terdapat web browsernya
Fungsionalitas perbaikan
Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya
Tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan Aplikasi Web, sebab lisensi itu telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
Popularitas
Aplikasi desktop banyak digunakan sebelum adanya smartphone, namun sekarang popularitasnya mulai meredup.


Kelebihan dan kekurangan aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis desktop:
a.       Aplikasi berbasis web
Kelebihan:
1.      Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
2.      Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
3.      Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser.
4.      Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
5.      Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.
Kelemahan:
1.      Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.
2.      Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancer.

b.      Aplikasi berbasis desktop
Kelebihan:
1.      Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
2.      Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
3.      Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
4.      Prosesnya lebih cepat.
Kelemahan:
1.      Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
2.      Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
3.      Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
4.      Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.

2.4  Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Berbasis Web

a.       HTML
HTML merupakan kepanjangan dari HyperText Markup Language, HTML pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan informasi dalam sebuah browser, jika diistilahkan HTML bisa dikatakan sebagai Pondasi/Kerangka suatu halaman web.
b.      CSS (Cascading Style Sheet)
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.
Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat denganbahasa HTML dan XHTML.
CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.
CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda
c.       JAVASCRIPT
JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis java yang merupakan interface pembantu dalam pemrograman web. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla FirefoxNetscape dan OperaKode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.
JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript. Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript. JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX.
d.      PHP (Personal Home Page)
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
e.       XML (EXtensible Markup Language)
Bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.
f.        ASP (Active Server Pages)
Active Server Pages atau disingkat ASP adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui penjelajah web (browser) ASP bekerja pada web server dan merupakan serverside scripting.
Active Server Pages (ASP) ialah pengaturan web yang digunakan untuk membina halaman web yang dinamik dan bersifat interaktif. Active server page adalah fasilitas yang diberikan oleh Microsoft untuk memudahkan pembuatan aplikasi-aplikasi Web Server. Hal ini di mungkinkan dengan menggabungkan komponen-komponen Hyper Text Markup Language (HTML) dengan Visual Basic Script (VBScript). Sehingga di dalam sebuah halaman Web dengan Active Server Page terdapat bagian HTML dan kode VBScript. 
ASP diciptakan oleh Microsoft untuk menjawab tantangan pemrograman web dinamis, di mana isi dari sebuah website dapat diprogram untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Tidak seperti HTML yang hanya menampilkan isi yang statis, ASP mampu menampilkan isi halaman yang berbeda sesuai dengan tujuan pemrogramannya. 
g.      AJAX (Asynchronous JavaScript and XMLHTTP)
Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX, adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. Ajax merupakan kombinasi dari:
·         DOM yang diakses dengan client side scripting language, seperti VBScript dan implementasi ECMAScript seperti JavaScript dan JScript, untuk menampilkan secara dinamis dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan
·         Objek XMLHTTP dari Microsoft atau XMLHttpRequest yang lebih umum di implementasikan pada beberapa browser. Objek ini berguna sebagai kendaraan pertukaran data asinkronus dengan web server. Pada beberapa framework AJAX, element HTML IFrame lebih dipilih daripada XMLHTTP atau XMLHttpRequest untuk melakukan pertukaran data dengan web server.
·         XML umumnya digunakan sebagai dokumen transfer, walaupun format lain juga memungkinkan, seperti HTML, plain text. XML dianjurkan dalam pemakaian teknik AJaX karena kemudahan akses penanganannya dengan memakai DOM
·         JSON dapat menjadi pilihan alternatif sebagai dokumen transfer, mengingat JSON adalah JavaScript itu sendiri sehingga penanganannya lebih mudah
Seperti halnya DHTML, LAMP, atau SPA, Ajax bukanlah teknologi spesifik, melainkan merupakan gabungan dari teknologi yang dipakai bersamaan. Bahkan, teknologi turunan/komposit yang berdasarkan Ajax, seperti AFLAX sudah mulai bermunculan.
h.      PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX) dan juga tersedia untuk sistem operasi DOS, Windows, BeOS, dll. Bahasa pemrograman PERL mirip dengan bahasa pemrograman C
i.        WML
WML yaitu kepanjangan dari Wireless Markup Language, merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML, WML adalah bahasa pemrograman yang digunakan tiap aplikasi wireless.
j.        CFM
CFM bahasa pemrograman ini agak jarang terdengar bagi yang awam dalam pemrograman, CFM digunakan lewat tag ColdFusion dengan perangkat lunak Adobe ColdFusion, ColdFusion Studio, & BlueDragonSyntax/Code Coldfusion menggunakan HTML.

2.5  Apa Saja Tools Yang di Perlukan Dalam Pengembangan Suatu Web

a.       Xampp
Xampp merupakan salah satu aplikasi web server cross platform yang bisa dipakai di komputer Windows, Linux, maupun Mac. Di modul ini sudah tersedia modul Apache, MySQL, dan FileZilla. Ini adalah salah satu tools favorit para web developer, baik yang pemula maupun expert. Dengan XAMPP, kita bisa menginstal aplikasi berbasis Apache Web Server hanya dengan beberapa klik. XAMPP dikembangkan oleh Apache Friends.
b.      WampServer
Sama seperti XAMPP, pengoperasian hampir mirip namun lebih kompleks, karena WampServer bisa dipergunakan untuk langsung online. WampServer banyak digunakan oleh para developer untuk menguji script yang telah dibuatnya sudah layak untuk mengudara atau belum, dan bahkan ada beberpa server yang juga menggunakan WampServer. WampServer ini sering dipakai untuk melihat website langsung secara online sebelum dipublikasikan. Karena belum tentu server Localhost yang menggunakan XAMPP sudah benar-benar sempurna tampil secara online. Untuk mendapatkan WampServer dapat diakses melalui WampServer.com.
c.       Firebug
Tool yang dikembangkan oleh Firefox sebagai add-on Browser memungkinkan untuk melakukan debuging pada HTML, CSS dan Javascript dalam browser. Sangat developer friendly, mudah digunakan.
d.      HTML Entity Character Lookup
Tool ini digunakan untuk mendapatkan entitas karakter HTML dengan mudah. Anda tingga menuliskan simbol atau karakter yang diinginkan maka tool ini akan menampilkan entitas HTML nya.
e.       Adobe Edge Inspect
Platform baru dari Adobe ini memberikan pengembang cara yang baik untuk membangun website interaktif. Dengan bantuan alat ini, anda dapat membuat aplikasi mobile dan responsif dengan CSS dan HTML.
f.        Load Impact
Load Impact adalah layanan berbasis cloud untuk pengujian loading dan optimasi website anda berdasarkan banyaknya pengguna pada website anda. http://loadimpact.com/
g.      Cloud9 IDE
Cloud9 IDE adalah alat untuk membantu anda berkolaborasi dengan orang lain pada proyek-proyek skala besar. Memungkinkan pengembang di seluruh dunia mengedit kode yang sama dan chatting bersama-sama secara realtime.
h.      PixelDropr
Photoshop plugin ini dapat membantu anda membuat berbagai macam ilustrasi, tombol dan ikon dengan mudah. Semua elemen yang didapat dalam bentuk file PSD.
i.         Foundation
Tool ini digunakan untuk membantu dalam proyek desain responsif website. Membuat fondasi website lebih mudah, gaya, fleksibel dan terstruktur.
j.        Fontello
Icon Generator ini memberikan anda kemudahan untuk mempercantik website dengan icon-icon menarik. Pilih ikon yang anda inginkan dan Fontello akan men-generate menjadi font web. Anda juga dapat mengedit dan menyesuaikan kode simbol dan nama.
k.      FavIcon Generator
Tool ini dapat membantu anda dalam membuat favicon untuk website anda.
l.        Cloud Comp
Tool ringan dan mudah digunakan ini akan membantu anda berbagi situs web dan aplikasi dengan orang lain.
m.    Lorem Ipsum
Tool yang digunakan untuk memberikan contoh text atau konten dengan text dummy.
http://www.lipsum.com/
n.      Blokk
Blokk adalah tool untuk konten dummy. Sama seperti lorem ipsum, hanya saja Blokk dikhususkan untuk klien-klien yang merasa bingung dengan bahasa lorem ipsum.
o.     Adobe Dreamweaver
Dreamweaver memang merupakan tools yang sangat powerful khususnya di dalam pemrograman web. Library yang membantu memudahkan memprediksi class atau function yang akan kamu pakai saat menulis bahasa pemrograman web.
p.     Code Editor
Didalam pemrograman tentunya kamu akan berhubungan erat dengan yang namanya coding atau membuat code. Untuk membuat code, dibutuh Code Editor untuk memudahkan kamu menulis bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman berbasis HTML, PHP, CSS, Javascript dapat ditulis dengan beberapa Code Editor.
q.     Notepad++
Notepad++ tentunya gratis serta memiliki tampilan yang sederhana serta dilengkapi beberapa kelebihan yang cukup membantu dalam menulis bahasa pemrograman atau coding seperti menyesuaikan bahasa pemrograman, warna untuk function hingga Find & Replace.
r.       Visual Studio Code (VS Code)
Visual Studio Code atau yang lebih dikenal VS Code merupakan produk yang dibuat oleh Microsoft dan dirilis pada 2015 untuk platform Mac, Windows dan Linux. VS Code menjadi tools yang bisa di gunakan dalam menulis bahasa program React Native, PHP, HTML dan lainnya. Karena di dalam VS Code menggunakan tampilan DarkTheme, prediksi class, hingga terintegrasi dengan GitHub.

2.6  Apa itu web browser dan keunggulan masing-masing web browser tersebut

Web Browser adalah software yang fungsinya menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan server web.
Berikut beberapa browser dan penjelasannya:
a.       Google Chrome
Seperti namanya, ini adalah browser besutan perusahaan ternama yang terkenal dengan mesin pencarinya, yaitu Google.com. 
Kelebihan dari Google Chrome sendiri adalah:
·        Mudah terhubung dengan produk google lainnya, seperti Gmail, Google Drive, atau Google Classroom.
·        Desainnya memanjakan mata dengan warna dan layout yang pas dan praktis.
·         Pakai Google Search Engine. Begitu buka aplikasi, kita bisa langsung jumpa sama mbah google.
·        Punya banyak skin atau desain tampilan yang keren. 
·        Gampang untuk belajar kode html. Tinggal tekan Ctrl+U saja.
·        Bisa buka LINE di Chrome. Ini dimungkinkan karena Chrome punya menyediakan ekstensi dan aplikasi di Chrome Store yang bisa langsung sobat sedot sesuai kebutuhan. 
·        Jika ada masalah di Tab 1, tab lainnya tak akan perpengaruh
·        Bisa restore web yang kita buka sebelumnya.
Kekurangan dari Google Chrome sendiri adalah:
·         Berat kalau terlalu banyak ekstensi
·         Ada gambar yang tidak bisa dibuka.
·         Google menyimpan 2% interpretasi pengguna serta IP-nya, berarti Google bisa tahu siapa mencari apa dan kapan serta dimana. Meskipun nanti bakal di anonimkan.
·         Jika halaman diterjemahkan, sering ada kejanggalan bahasa.


b.      Mozilla Firefox
Adapun kelebihan dari Mozilla Firefox sendiri adalah:
·         Punya banyak fitur, ekstensi, tema yang bisa didownload di Website add-ons Mozilla sendiri. 
·         Halamannya user friendly
·         Punya dukungan komunitas di Indonesia
·         Konfigurasi lebih banyak dibanding Internet Edge
·         Cocok untuk membuka keperluan multimedia.
·         Mirip dengan Chrome, Firefox juga bisa restore tab yang kita buka sebelumnya.

Kekurangan dari Mozilla Firefox sendiri adalah:
·         Sering lemot waktu baru buka aplikasi, kalian juga pasti pernah ngerasain ini.
·         Mozilla Firefox tidak terintegrasi dengan Outlook dan Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak berjalan dengan baik. Bahkan beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter.
·         Bisa terjadi crash tiba-tiba.

c.       Safari
Safari ini adalah aplikasi buatan Apple dan sudah jadi web browser bawaan sistem operasi Mac OS.
Kelebihan dari Safari adalah sebagai berikut:
·        Memiliki fitur Nitro Engine untuk mengolah aplikasi berbasis web jadi lebih cepat.
·        Bagi sobat pengguna Mac OS, ga perlu install lagi Safari karena sudah sepaket.
·        Bisa digunakan di Windows.
·        Akrab bagi pengguna produk Apple.
Kekurangan dari Safari:
·        Tampilannya cukup berbeda bagi pengguna yang sering menggunakan browser lain.
·        Tidak bisa restore session layaknya kemampuan Chrome dan Firefox.
·        Punya Bug yang bernama "Carpet Bombing". Dimana ada sebuah kondisi, malware yang terdownload ke user desktop, membuat desktop dipenuhi icon yang adalah malware.

d.      Internet Edge
Ini adalah aplikasi besutan Microsoft, dengan pendirinya yaitu Bill Gates. Browser ini sudah sepaket dalam sistem operasi Windows 10.
Adapun kelebihan dari browser buatan Microsoft yang satu ini adalah :
·        Bagi pengguna Windows, tak perlu lagi buang waktu dan nafas untuk install browser yang satu ini.
·        Punya Cortana sebagai asisten (Untuk Windows 10)
·        Browser pertama yang bisa buat catatan di web page.
·        Ada reading mode, yang buat sobat bisa merasakan pengalaman baca koran.
·        Kemungkinan menjadi pesaing berat Chrome dan Firefox di masa depan.
Kekurangan dari browser buatan Microsoft yang satu ini adalah :
·         Tampilan yang cukup berbeda dengan Internet Explorer, sehingga perlu adaptasi lagi.
·         Masih anak baru di kalangan browser karena baru liris tahun 2015.
·         Tidak ada plugin atau ekstensi di browser ini.

e.       Opera
Ini adalah browser hasil penelitian Perusahaan Telekomunikasi di Norwegia bernama Telenor. Dan sekarang sudah tersedia versi Bahasa Indonesia yang bisa sobat download di situs resmi Opera.
Berikut adalah kelebihan dari browser Opera:
·         Resource Memory yang kecil, sehingga saat buka aplikasi cukup cepat dibanding browser lainnya.
·         Terintegrasi dengan IRC(Internet Relay Chat)
·         Blokir situs dengan praktis
·         Punya komunitas tersendiri untuk diskusi dan troubleshooting.
·         Punya mode penghematan data turbo.
Kekurangan dari Opera:
·         Tidak dapat melihat info halaman yang sedang diakses
·         Shortcut tak dapat dirubah
·         Efek Visual di browser tak dapat dihilangkan.
·         Jika jumlah history atau bookmark terlalu banyak, proses bisa melambat.
·         Lebih sedikit pengguna versi desktopnya dibandingkan versi mobile.

f.        Comodo Dragon
Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar – benar berfokus pada security dan privacy saat browsing di internet. Fitur comodo dragon antara lain meningkatkan keamanan privacy, SSL certificate identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.
Kelebihan:
·         Fitur keamanan yang super tinggi.
·         Sebelum website ditampilkan dihalaman browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya.
·         Comodo akan melakukan validasi SSImenghetikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser oleh web – web yang di kunjungi.
Kelemahan:
·         Comodo dragon adalah versi chrome basednya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.
·         Fiturnya lama ditampilkan.






g.      Netscape
Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Versi pertama dari netscape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center Of Supercomputing Aplication di Urbana Champaign. Netscape navigator dapat digunakan untuk mengunjungi world wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML. Netscape navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam flatform windows 16-bit ( Win 16 ), windows 32-bit ( Win 32 ), UNIX, serta Macintosh.
Kelebihan:
·         Stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload, dan download.
·         Netscape navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozila FireFox.
Kekurangan:
·         Tampilan GUI ( Grapical User Interface ) kurang bagus atau kasar.


h.      Flock
Flock adalah web browser yang dibangun dengan Script mozila firefox. Pada Browse ini menyediakan social networking dan web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa secial networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan menggunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
Kelebihan:
·         Untuk kelebihan mungkin tidak berbeda jauh dengan flock terdahulu, mungkin karena sudah menggunakan chrome (google) sebagai engine basednya maka kecepatan menjelajahnya semikin cepat.
·         Lebih simpel dan minimalis
Kekurangan:
·         Belum terintegrasi dengan ID.
·         Instalisasinya harus online

i.        Sea Monkey
Sea Monkey atau lengkapnya Mozilla Sea Monkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internete-mail client untuk menerima dan mengirim e-mial, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman – halaman website yang menggunakan HTML (Hyper Text Mark-Up Language). Dulunya Software ini bernama mozilla Aplication Suite, yang merupakan pengembangan da ri netscape navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah gulun tikar). Sea Monkey itu sendiri merupakan perangkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross – plasform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh Sea Monkey Council (Dewan Sea Monkey).
Kelebihan:
·         Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
·         Penterjemahan website – website yang berbahasa asing (China, Jepang, Korea, Spanyol, dll) ke bahasa inggris, yang lebih mudah dimengerti.
·         Dapat memfilter email spam ataupun virus.
Kelemahan:
·         Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka.

j.        Maxthon
Maxthon awalnya dikenal sebagai MyIE2, adalah sebuah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Pada Maxthon 3, mendukung baik Trident dan Webkit mesin render. Didasarkan pada MyIE, yang awalnya diciptakan oleh Changyou, seorang programmer Cina yang ingin menyesuaikan browser Web Internet Explorer. Maxthon itu sendiri adalah salah satu dari dua belas browser microsoft disajikan pada tahun 2010 di Browser Choice.eu, sebuah website yang memungkinkan pengguna dari Microsoft Windows yang berada di wilayah Ekonomi Eropa untuk memilih browser default web mereka ingin untuk digunakan pada komputer mereka.
Kelebihan:
·         Mempunyai screen capture, untuk membuat screenshot pada web.
·         Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna facebook. Dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita.
·         Ringan tidak banyak makan resource
Kekurangan:
·         Interfacenya tidak enak dilihat, terasa jadul.
·         Manajemen tabnya agak aneh.


2.7  Istilah-Istilah Dalam Website:

a.       Domain merupakan alamat sebuah situs dan terdaftar secara internasional. Atau dengan kata lain domain merupakan alamat website kita. Domain biasanya dipergunakan untuk mempermudah user mengingat alamat website sehingga user dapat dengan mudah mengunjungi lagi website kita.
b.      Hosting merupakan suatu ruang atau tempat pada penyimpanan cloud (internet) yang digunakan untuk menyimpan data yang ada pada website. Data website tersebut biasanya berbentuk file html, script php, script cgi, css, gambar, database dan file lain yang dibutuhkan oleh website kita. Selain sebgai tempat penyimpanan file-file untuk keperluan website kita , biasanya web hosting juga memberikan fasilitas lain seperti notifikasi error, web mail hosting, domain control panel, backup data, dan masih banyak lagi fasilitas yang dapat memudahkan kita untuk mengatur website.
c.       Hyperlink, adalah fasilitas yang dapat mengantarkan pengguna dari alamat situs satu ke alamat yang lain.  Hyperlink dapat berupa gambar atau teks.
d.      URL (Uniform Resource Locator) adalah serangkaian karakter dengan suatu format standar tertentu untuk menunjukkan alamat suatu sumber atau menunjukkan sumber suatu dokumen dari mana dokumen itu di dapatkan dan dimana tempat dokumen itu berada.
e.       URI (Uniform Resource Identifier) adalah sebuah untaian karakter untuk mengidentifikasikan nama sumber atau layanan di internet. URI dituliskan dalam satu baris teks juga untuk menunjukkan suatu halaman web termasuk lokasi cade fragment dan scheme.
f.        Content Management System (CMS). Yaitu sofware yang dipakai untuk menciptakan situs dengan cara automatis tidak harus dengan pemograman. Bersama adanya sistem CMS ini pun mengijinkan satu orang buat melanjutkan atau memanipulasi/mengubah isi dari sebuah situs website. Mulai dari desain, pengolahan data & serta pengintegrasikan bersam degan hosting.
g.      File Transfer Protocol (FTP) yaitu sebuah trick buat jalankan file ata data antara jaringan PC di internet. FTP mampu serta dipakai untuk meng-upload data kepada situs hosting. Contohnya meng-upload halaman website & gambar ke host server.
h.      Virtual Private Server (VPS), yaitu salah satu jenis hosting dengan metode membagi suatu server jadi sekian banyak server virtual. Server virtual tersebut bertindak sama seperti server nyata & disewakan terhadap sekian banyak customer. Kelebihan tipe hositng ini merupakan penggunaannya tak mempunya batas quota seperti shared server, lantaran yang di sewa ialah satu server virtual. Sedangkan kekurangannya yaitu yang mula-mula harganya lebih mahal dari shared server. Yang ke-2 dikarenakan sharing resource dengan ke konsumen lain maka performa vps tidak maksimal.
i.        Protocol merupakan seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien.
j.        DNS (Domain Name System) adalah adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host.
k.      Web Server adalah perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
l.        IP adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan TCP/IP untuk komunikasi antara node-nya
m.    CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu kode pemrograman yang digunakan untuk mempercantik dan mengatur tampilan/layout sebuah halaman website agar terlihat lebih elegan dan menarik dimata user. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang dipopulerkan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996
n.      cPanel merupakan website hosting control panel yang paling sering digunakan di dunia. Panel yang sangat popular ini memudahkan user untuk mengatur dan mengontrol seluruh fasilitas yang ada pada web hosting yang dimilikinya. Melalui cPanel, Anda juga dapat mengelola berbagai fasilitas hosting.
o.      MySQL Database adalah fitur aplikasi software yang memungkinkan sebuah situs menyimpan sebuah data yang bersifat database.
p.      SSL (Secure Site) adalah sebuah alamat situs aman dan merupakan fitur hosting. SSL selalu ditandai dengan alamat awal https://....dan selalu ada tanda gembok kuning pada browser bawah. Biasanya SSL digunakan untuk pembayaran online. Sehingga meminimalisir para hacker mencuri data anda.

BAB III PENUTUP


3.1  Kesimpulan

Pemrograman berbasis web adalah proses membuat sebuah program komputer yang berdasarkan pada halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.
Untuk membuat sebuah pemrograman berbasis web dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman tertentu yang dapat mendukung program tersebut. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh programer untuk membuat sebuah program yang dapat memberikan instruksi pada mesin atau komputer. Adapun bahasa pemrograman yang dapat mendukung pembuatan pemrograman berbasis web yaitu: HTML, CSS, JAVASCRIPT, PHP, XML, ASP, dan lain sebagainya.
Ada bermacam-macam web browser yang dapat digunakan untuk mengakses internet, diantaranya google chrome, opera, safari, dan lain sebagainya yang dimana masing-masing browser mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri.
Terdapat banyal sekali istilah -istilah dalam website seperti misalnya domain, hosting, URL, web server, IP, cPanel dan lain sebagainya, yang harus diketahui maknanya.

3.2  Saran

Akhirnya, paper ini terselesaikan. Dan kami sebagai penulis berharap semoga paper ini bisa bermanfaat bagi semua pihak. Untuk memperbaiki kualitasnya, maka penulis mengharapkan kritik dan saran agar paper ini menjadi lebih baik.



DAFTAR PUSTAKA



As Tekno. 2015. Jenis-Jenis Bahasa Pemograman Berbasis HTML. http://as-tekno.blogspot.com/2015/11/jenis-jenis-bahasa-pemrograman-berbasis.html.  (Diakses pada 8 November 2019)
Awidiya. 2014. Cara Kerja Website. http://mahasiswa-masagitu.blogspot.com/2014/10/cara-kerja-website.html. (Diakses pada 8 November 2019)
Dinus.ac.id. 2013. Introduction Web Aplication. http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/04_-_RPL.DEF.2013.Introduction_Web_Application.pdf. (Diakses pada 8 November 2019)
Fernandes, Agnes. 2014. Bahasa Pemograman Berbasis Web.  http://agnesfernandes.blogspot.com/2014/03/bahasa-pemrograman-berbasis-web.html (Diakses pada 8 November 2019)
Folarium.co.id. 2018. Perbedaan Aplikasi Web Base dan Dekstop. https://www.folarium.co.id/articles/perbedaan-aplikasi-web-base-dan-dekstop. (Diakses pada 8 November 2019)
Gunadarma. Tanpa Tahun. Pemograman Berbasis Web. http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16615/PemrogramanBerbasisWeb_Nuryuliani.pdf. (Diakses pada 8 November 2019)
Id Clouldhost. 2016. Istilah-istilah dalam Dunia Web Hosting dan Domain. https://idcloudhost.com/istilah-istilah-dalam-dunia-web-hosting-dan-domain-2/. (Diakses pada 8 November 2019)
Indra, Reza. 2014. 12 Tools yang Dibutuhkan Web Developer. https://www.dumetschool.com/blog/12-Tools-Yang-Dibutuhkan-Untuk-Web-Developer. (Diakses pada 8 November 2019)
Jadi Programmer. 2019. Tools Memulai Pemograman Web. http://jadiprogrammer.com/tools-untuk-memulai-pemrograman-web/. (Diakses pada 8 November 2019)
Maurits, Ivan. Pertemuan II - Konsep Pemograman Berbasis Web. http://ivan_maurits.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35541/PertemuanII-Konsep+Pemrograman+Berbasis+Web.pdf. (Diakses pada 8 November 2019)
Rakutta. 2018. 5 Web Browser Terbaik 2018. https://barubelazar.blogspot.com/2018/02/5-jenis-browser-terkenal-serta.html. (Diakses pada 8 November 2019)
Seo, Jasa. 2015. Istilah-istilah dalam Pembuatan Website. http://jasa-seo.bg.cloudlogin.co/istilah-istilah-dalam-pembuatan-website/. (Diakses pada 8 November 2019)
Shimpadher, Enriyano. 2015. Makalah Pemograman Berbasis Web 1. http://endriyano.blogspot.com/2015/10/makalah-pemrograman-berbasis-web-i.html. (Diakses pada 8 November 2019)
Solusi Website Bandung. 2017. Istilah-istilah Web yang Perlu Anda Ketahui. https://www.solusiwebsitebandung.co.id/istilah-website-yang-perlu-anda-ketahui/. (Diakses pada 8 November 2019)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

MAKALAH LINGKUNGAN BELAJAR