cara kerja website dan pengertian wesite





Apa itu Website?
Website adalah kumpulan webpage (halaman web) yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya. Semua website pasti mempunyai domain dan web server. Domain bisa kita analogikan sebagai alamat rumah, sedangkan web server sebagai rumah untuk menyimpan berbagai perabotan rumah tangga.


Bagaimana cara kerja website?
  1. Pertama, misal Anda ingin mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.
  2. Tentunya Anda terlebih dahulu akan menjalankan aplikasi web browser baik itu Internet Explorer, Mozilla, Chrome, Opera, dan lain sebagainya yang telah terkoneksi internet.
  3. Anda lalu mengetikan URL (Uniform Resource Locator) atau domain di web browser, misal www.google.com atau google.com.
  4. Nah pada saat itu domain yang Anda ketikkan tersebut perlu diterjemahkan menjadi alamat IP karena komputer Anda sebenarnya hanya bisa mengakses alamat IP. Tugas penerjemahan ini dilakukan oleh Domain Name System (DNS), karena itu komputer Anda akan meminta bantuan DNS server yang terdaftar untuk menerjemahkan nama domain tersebut. DNS server menemukan alamat google.com dan memberikan alamat IP-nya kepada browser Anda. Browser Anda segera menuju server dengan alamat IP yang didapatkan dari DNS server dan meminta halaman yang tersedia didalam web server tersebut.
  5. Setelah web server menerima permintaan (request), web server lalu akan memprosesnya (process) dan memberikan hasil data (output). Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client, namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404 Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi dibawah ini.



Istilah Penting
Webpage adalah halaman yang ditampilkan di sebuah website di internet
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
DNS (Domain Name System) adalah adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host.
Web Serveradalah perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
URL (Uniform Resource Locatoradalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
IP adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan TCP/IP untuk komunikasi antara node-nya

PENGERTIAN APLIKASI DEKSTOP DAN APLIKASI WEB

Aplikasi Desktop adalah suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer.
Aplikasi Web adalah suatu aplikasi  berbasis web dapat beroperasi jika ada jaringan/koneksi  internet.
Salah satu perbedaan yang mendasar dari web based dan desktop based adalah bahasa pemrogramannya kalau pada desktop based di dukung oleh beberapa macam program seperti  Microsoft office, Borland Delphi, dll sedangkan untuk web based menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, JavaScript, dll.


Aplikasi Dekstop
Aplikasi Web
Grafis
Tingkat grafis ditentukan oleh kebutuhan grafis aplikasi desktop tersebut. Butuh spec yang tinggi.
Grafis yang digunakan tidak begitu tinggi.



Interaksi penggunaan
Tidak semua aplikasi desktop dapat berjalan di semua Sistem Operasi.
Dapat berjalan disemua Sistem Operasi, yang penting ada web browser dan koneksi internet.



Penggunaan jaringan
Tidak bergantung pada internet (dapat berjalan secara offline)
Untuk menjalankannya dibutuhkan koneksi internet (tapi juga dapat berjalan secara offline)



Akses
Terbatas pada laptop atau PC
Dapat diakses dimana saja (mobile, tablet atau PC) asal terdapat web browsernya



Fungsionalitas perbaikan
Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya
Tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan Aplikasi Web, sebab lisensi itu telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.



Popularitas
Aplikasi desktop banyak digunakan sebelum adanya smartphone, namun sekarang popularitasnya mulai meredup.


Tips Untuk Menjaga Dan Mengelola Sistem ERP Anda

SIMPULAN KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

Aplikasi Berbasis Desktop
Keunggulan
1.     Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
2.     Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
3.     Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
4.     Prosesnya lebih cepat.
Kekurangan
1.     Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
2.     Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
3.     Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
4.     Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.

Aplikasi Berbasis Web
Keunggulan :
1.     Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
2.     Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
3.     Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser.
4.     Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
5.     Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.
Kekurangan
1.     Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.


daftar pustaka pdf



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

MAKALAH LINGKUNGAN BELAJAR

Paper Pemograman Berbasis WEB