makalah tutorial mind mapping

TUTORIAL MEMBUAT MIND MAP BANGUN DATAR
DENGAN APLIKASI X-MIND




OLEH :
1.       AMELIA (1606103020035)
2.       ASHFIYATI (1606103020034)


DOSEN PEMBIMBING : MUKHLIS HIDAYAT, M.KOM.


PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
2016/2017


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ” Tutorial Membat Mind Map Bangun Datar Dengan Aplikasi X-Mind”. Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Mukhlis Hidayat, M.KOM. selaku dosen mata kuliah Aplikasi Komputer Unsyiah yang sudah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat dalam rangka menambah pengetahuan juga wawasan menyangkut cara membuat mind map terutama dengan menggunakan aplikasi X-Mind, baik untuk pembaca maupun penulis sendiri.
Kami pun menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan makalah yang akan kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Mudah-mudahan makalah sederhana ini dapat dipahami oleh semua orang khususnya bagi para pembaca. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan.






Banda Aceh, 12 Mei 2017
 
Penulis
           

DAFTAR ISI









BAB I PENDAHULUAN


A.      LATAR BELAKANG


Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi dalam pendidikan menjadi salah satu kajian yang banyak  mendapat perhatian di lingkungan ahli pendidikan. Kajian tersebut pada hakekatnya merupakan usaha dalam memecahkan masalah belajar manusia (human learning). Solusi yang diambil melalui kajian teknologi dalam pendidikan bahwa pemecahan masalah belajar perlu menggunakan pendekatan-pendekatan yang tepat dengan banyak memfungsikan pemanfaatan sumber belajar (learning resources).
Perkembangan teknologi telah mendekatkan dunia mind map kepada kehidupan banyak orang. Sekarang hampir semua informasi atau bahan belajar di tampilkan semenarik mungkin dan semudah mungkin. Perkembangan aplikasi komputer, termasuk aplikasi mind map, telah membuat siswa mudah belajar karena dengan menggunakan metode mind mapping atau adanya peta konsep sangat memudahkan bagi siswa membaca ringkasan seluruh bab hanya dengan melihat selembar kertas.
X-mind adalah salah satu aplikasi mind map yang dapat digunakan dengan mudah untuk menggambarkan/mengekspresikan berbagai ide yang muncul dipikiran kita menjadi bentuk ilustrasi / penggambaran yang mudah dimengerti orang lain. Dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah menuangkan berbagai konsep yang hadir dalam pikiran kita menjadi alur ide visual yang mudah dikomunikasikan kepada orang lain.
Namun, tidak semua orang tau akan aplikasi ini. Sangat sedikit yang bisa mengoperasikannya. Padahal Xmind sangat bermanfaat untuk membantu proses belajar,skedul pekerjaan, maupun hal lainnya. Tutorial membuat mind map dengan menggunakan aplikasi Xmind ini adalah sebagai alat untuk memvisualkan apa saja ide yang ada di pikiran kita. Oleh karena itu diperlukanlah tutorial menggunakan Xmind.

B.      RUMUSAN MASALAH

1.       Apa itu mind map dan Xmind?
2.       Apa saja manfaat dari mind map dan aplikasi Xmind?
3.       Bagaimana membuat mind map bangun datar di aplikasi Xmind?


C.      TUJUAN

1.       Mengetahui apa itu mind map dan Xmind
2.       Mengetahui manfaat dari aplikasi Xmind
3.       Mengetahui cara membuat mind map bangun datar di aplikasi Xmind



BAB II PEMBAHASAN

A.      PENGERTIAN MIND MAP DAN XMIND


Mind map (mindmapping) adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal dari Inggris.Sistem ini jauh lebih efektif dari sistem mencatat linear yang selama ini kita lakukan sejak masih di bangku sekolah dasar. Mencatat materi runtut ke bawah menggunakan urutan nomor dan angka ternyata tidak sesuai dengan cara bekerja otak kita. Mencatat secara linear berarti menggunakan cara kerja otak kiri, sedangkan mencatat dengan sistem mindmapping adalah cara bekerja otak kanan yang melibatkan kreativitas, imajinasi, visualisasi dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga mudah untuk diingat. Jadi dapat disimpulkan mind map adalah diagram yang digunakan untuk mem-visualisasi & mengumpulkan informasi, ide, atau apapun yang kamu inginkan.
Ada beberapa aplikasi yang dapat dingunakan untuk membuat mind map. Diantaranya: Xmind, freemind, novamind, mindjet, dan mindmapple.
XMIND adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat mind map dengan mudah yaitu untuk menggambarkan/ mengekspresikan berbagai ide yang muncul dipikiran kita menjadi bentuk ilustrasi / penggambaran yang mudah dimengerti orang lain. Dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah menuangkan berbagai konsep yang hadir di dalam pikiran kita menjadi alur ide visual yang mudah dikomunikasikan kepada orang lain.

B.      MANFAAT MIND MAP DAN APLIKASI XMIND


Otak kita tidak didesain untuk menghafal catatan linear alias runtut ke bawah. mencatat dengan metode mind map akan membuat otak kanan dan kiri bekerjasama.
Beberapa manfaat dari metode mind map antara lain adalah
a.      Meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail
Mencatat dengan sistem mindmapping akan sangat memudahkan kita untuk menemukan gambaran utuh dari sebuah ide maupun gagasan. Banyak hal penting yang tersebar dalam sebuah buku tebal. Dengan metode mindmapping, artinya kita mengumpulkan semua hal yang penting dalam buku untuk dijadikan sebuah peta konsep. Kita tidak lagi kelelahan dalam menghimpun semua informasi penting dalam buku. Kita juga tidak perlu lagi khawatir kehilangan atau lupa akan poin-poin penting dari buku yang sudah Kita baca.

b.     Meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi dan memori
Membiasakan diri mencatat dengan sistem mindmapping akan melatih otak kita untuk menyusun informasi dengan baik. Otak kita akan semakin mahir untuk memilah dan mengelompokkan informasi. Selain itu, dengan satu pokok bahasan atau tema yang kita buat di mindmap, otak kita akan terbantu untuk lebih konsentrasi. Ia melibatkan imajinasi, visualisasi dan tentunya memori jangka panjang Kita.
c.      Menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan sangat menghemat waktu
Ketika Kita sudah terbiasa mencatat materi dengan sistem ini, Kita akan lebih merasa seperti sedang bermain ketimbang belajar. Menggunakan spidol dan mengkombinasikan warna akan sangat baik dampaknya bagi perkembangan otak kanan Kita. Selain menjadi lebih kreatif, mencatat dengan cara begini akan lebih menyenangkan karena Kita bebas mengekspresikan apa yang Kita pahami dalam sebuah gambar dan coretan. Sebagai bonus, Kita akan menghemat banyak waktu untuk belajar.
d.     Membuat materi yang sulit lebih mudah untuk dipahami dan dikuasai
Satu hal yang membuat mindmapping menjadi solusi ampuh bagi banyak orang, mindmapping membuat materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dikuasai. Masalah utama mengapa banyak dari kita yang kesulitan memahami sesuatu adalah karena kita belum tau gambaran besarnya. Kita masih buta konsepnya. Pernahkah Kita merasa sulit sekali memahami suatu isi materi, namun ketika Kita menemukan kata kunci dan melihat gambaran besarnya rasanya mudah sekali materi tersebut untuk dipahami. Inilah kelebihan mindmapping. Kita akan disajikan suatu gambaran besar dan peta konsep dari hal yang akan kita kuasai. Tentunya ini akan mempermudah proses belajar Kita dan mengantarkan Kita menuju gerbang sukses yang ingin dicapai.

C.      MEMBUAT MIND MAP BANGUN DATAR DENGAN APLIKASI XMIND


·         Menjalankan Xmind
Pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload dan menginstalkan aplikasi Xmind di laptop kita. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di website/link: http://www.xmind.net/xmind/downloads/xmind-windows-3.3.1.201212250029.exe.
Setelah proses download selesai dapat langsung dilakukan instalasi aplikasi dengan meng klik ganda (double klik) pada file installer yang bersangkutan. Pada dasarnya instalasi sangat mudah, cepat dan sudah berproses secara otomatis tinggal menekan NEXT saja.
Setelah menginstal aplikasi Xmind, maka kita akan dapat menjalankannya dengan mendouble klik aplikasi yang sudah ada di dekstop kita. Maka akan muncul layar Xmind seperti gambar di bawah ini.
·         Memilih template atau theme
Kemudian untuk memilih template atau theme dapat dipilih melalui show home
Maka akan tampil tampilan seperti di bawah ini. Kemudian pilihlah template sesuai dengan keinginan anda.Disini kami memilih map. Maka akan tampil kotak tampilan untuk memilih theme seperti dibawah ini
Kemidian setelah memilih theme yang anda inginkan (disini kami memilih profesional saja) klik create sehingga muncul layar berikut
Sekarang kita sudah bisa memulai membuat mind mapnya.


·         Mengetik central topic
Untuk mengetik central topicnya kita dapat mengeklik dua kali pada kotak dialog  central topik makan akan muncul seperti dibawah ini.
kemudian ketiklah judulnya, karena kita akan membuat mind  map bangun datar , maka tulislah bangun datar kemudian enter. Sehingga terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
·         Memunculkan sub topic dan menambahkan main topic
Klik insert untuk memunculkan sub topiknya dan tekan enter untuk menambahkan main topicnya. Tekan enter sampai jumlah kotak main topiknya dirasa cukup, hingga di peroleh gambar berikut.
Double klik di main topic untuk menulis main topic yang diinginkan. Karena disini di bahas tentang bangun datar maka main topicnya adalah segitiga, persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang,trapesium, dan lingkaran. Setelah kita tulis main topicnya maka diperoleh seperti gambar dibawah ini
Setelah membuat main topiknya sekarang kita lanjutkan dengan subtopic yaitu degan cara yang sama tekan insets pada keyboart untuk memunculkan subtopinya dan tekan enter untuk menambah subtopicnya. Sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini.
Kemudian isilah setiap sub topic yang sudah dibuat dengan pembahasan dan rumus dari segitiga, persegi, persegi panjang dan seterusnya. Sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini.
·         Meletakkan rumus

Sekarang kita harus menambah sub topicnya untuk meletakkan rumus. Kita akan meletakkan rumus yang dari formaat gambar. Jadi, sekarang yang pertama yang harus kita lakukan adalah menambah subtopic dari rumus terlebih dahulu. Dengan cara yang sama yaitu dengan menekan insert pada keyboard kita, Sehingga terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


Sekarang kita isikan setiap subtopicnya.Isikan dengan rumusnya masing-masing. Caranya yaitu dengan meletakkan kursor pada subtopic yang akan diisi gambar rumus kemudian klik kanan pilih insert. Maka akan tampil menu seperti pada gambar berikut.
Kemudian pilihlah insert from file.
Setelah mengeklik pada insert from file maka akan tampil menu untuk kita memilih gambarnya.

Kemudian pilihlah gambar yang ingin di tampilakan di subtopic tersebut. Setelah memilih gambar, lalu klik  open.
Maka akan muncul seperti gambar berikut
·         Menghilangkan tulisan subtopic
Untuk menghilangkan tulisan subtopic yang berada dibawah gambar yang kita buat sebelumnya kita cukup mendouble klik pada teks subtopicnya dan menekan delete , maka tulisan sub topicnya akan hilang dan gambar pun akan turun kebawah dengan sendirinya.
Untuk subtopic yang lainnya lakukan hal yang sama sehingga dihasilkan gambar sebagai berikut
·         Menambahkan gambar di notes
Sekarang kita menambahkan gambar di segitiga, persegi, dan seterusnya dengan cara menambahkan note. Note ini hanya akan muncul jika kita mengeklik di notenya. Kita akan menambahkan note dengan cara mengeklik kanan dan pilih insert. Kemudian akan muncul menu seperti gambar berikut.
Pilih notes
Pilih edit in notes view
Kemudian akan muncul seperti gambar berikut
Tambahkan gambar melalui insert an image from local file.
Klim pada icon insert an image from local file. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini
Pilihlah gambar yang ingin dimuat. Dan klik open maka akan terlihat seperti gambar berikut
Lakukan hal yang sama pada persegi, persegi panjang, dst. Sehingga akan terlihat seperti gambar berikut
Sekarang di setiap main menu sudah terdapat notes. Notesnya berupa gambar dari setiap bangun. Notes itu akan muncul hanya bila kita mengeklik pada notesnya



Saat kita mengeklik pada icon notes (Ikon yang ada dalam lingkaran kuning seperti yang terlihat pada gambar diatas) maka akan muncul notesnya seperti gambar berikut ini.

Notes ini tidak hanya dapat memuat gambar, tapi di notes kita dapat meletakkan apa saja yang kita mau. Seperti  kata-kata atau pengertian bahkan kita bisa menaruh dokumen di sana melalui insert hyperlink.

·         Memuatkan gambar
Bila kita tidak ingin gambar dalam bentuk notes, kita bisa meletakkan gambar yang langsung bisa kita lihat tanpa harus membukanya maka caranya dengan mengeklik kanan pada objek yang ingin ditambahkan gambar kemudian pilih insert, klik pada image from file.
Pilih gambar yang ingin ditampilkan. Klik open, maka akan muncul seperti gambar berikut.
Kemudian lakukan hal yang sama pada persegi, persegi panjang, dan seterusnya seperti cara tersebut. Maka akan menghasilkan seperti gambar berikut.
 Sekarang kita sudah selesai membuat mind mapnya.
·         Mengubah tampilan subtopic
 Untuk mengubah tampilan subtopicnya dengan mengeklik pada subtopic pilih format
Di my styles pilih tampilan yang disukai di choose and apply. Pilih yang topic professional
Maka subtopicnya akan berubah seperti pada gambar berikut.
Lakukan hal yang sama untuk semua subtopicnya. Sehinga akan terlihat seperti gambar berikut
·         Mengedit background
Untuk mengedit backgroundnya dapat kita lakukan dimenu format. Tepatnya di select wallpaper
Pilih wallpaper yang kita sukai atau kita bisa juga memilih walpaper yangberasal dari gambar local kita.
Klik pada select local image. Sehingga muncul tampilan seperti berikut.
Pilihlah gambar wallpaper kesukaan kita kemudian klik pada open maka tampilannya akan berubah seperti pada gambar berikut
·         Mengubah themes
Kita bisa mengubah themesnya di theme.
Kita bisa memilih manapun yang kita suka. Double klik di themes yang disukai kemudian akan tampil seperti gambar berikut.
Pilih keep. Agar tidak semua walpaper yang sudah kita ganti tidak berubah. Jika kita memilih override maka semuanya akan berubah sesuai pengaturan asli theme yang kita pilih. Disini kami memilih keep, karena kami ingin mengengedit tampilan sendiri tidak dengan format themes. Hanya polanya saja yang sama dengan theme yang dipilih.

·         Mengedit garis yang ada pada gambar
Untuk mengedit garis kita bisa mengeditnya di menu format kemudian di line. Disitu kita bisa mngedit ketebalan garis, model garis, dan warnanya.
Setelah kita mengubahnya sesuai dengan apa yang diinginkan. Sehingga akan dihasilkan seperi gambar berikut.
·         Mengedit shape dan border
Untuk mengedit shape dan border dapat kita edit di format kemudian di shape & border.
Setelah kita mengeditnya sesuia dengan yang kita inginkan dihasillah seperti gambar berikut.
Untuk mengedit shape-shape yang lain kita hanya perlu mengulang langkah yang sam seperti di atas, yaitu dengan memilih di format tepatnya di shape & border. Sehingga menghasilkan seperti  gambar berikut
Klik kursor di luar  shapes. Pilih format.
·         Mengatur stransparansi dari walpaper
 sekarang kita akan mengatur stransparansi dari wallpapernya.
Aturlah transparansinya sesuai dengan yang diinginkan (80%). Sehingga diasillah seperti gambar berikut ini.
·         Mengubah warna background
Kita juga bisa mengubah warna backgroundnya di background color
Setelah kita mengubah warna background, maka tampilan akan berubah seperti gambar berikut
·         Mengedit font
Untuk mengubah fontnya bisa mengubahnya dengan memblok yang ingin di ubah fontnya kemudian mengubahnya di format yaitu di teksnya.
Setelah mengubah fontnya maka akan menghasilkan gambar seperti gambar berikut.
Sekarang mind mapnya sudah selesai.
·         Menyimpan data Xmind
 Untuk menyimpann data Xmind, yaitu dengan cara klik save as di menu file
Maka akan muncul seperti gambar berikut.
Ubah nama jika ingin diubah kemudian klik save. Kemudian pilih tempat ingin disimpan kemana, sesudah memilih tempat klik save maka file mind map yang sudah kita buat sudaah tersimpan.



BAB III PENUTUP


A.      KESIMPULAN


Mind map adalah diagram yang digunakan untuk mem-visualisasi & mengumpulkan informasi, ide, atau apapun yang kamu inginkan. Belajar dengan metode mind map lebih mudah diingat dan lebih detai, serta membuat belajar lebih menyenangkan dan dapat menghemat waktu. Belajar menggunakan metode mind map sebenarnya lebih efektif dari pada kita susah-susah membaca seluruh bab buku. Dengan mind map kita bisa menyingkatnya menjadi selembar kertas saja.
Xmind adal salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat mind map. Dengan xmind kita bisa membuat mind map yang menarik untuk dibaca, dan membuat maaind map sesuai dengan keinginan kita.
Banyaknya rumus yang harus dihafal oleh siswa maupun mahasiswa dapat membuat mereka malas untuk membaca satu isi buku bahkan lebih. Oleh karena itu dengan adanya aplikasi Xmind ini maka akan memudahkan mereka untuk membuat mind map, sehingga materi yang harus mereka pelajari akan lebih mudah dipahami.


B.      SARAN


Bagi yang malas membaca karena banyak materi yang harus dipahami,  membuat mind map dapat menjadi solusinya. Dengan mind map kita dapat meringkas cacatan yang berpuluh halaman menjadi satu kertas saja. Kita bisa menggunakan aplikasi xmind untuk membuat mind map, xmind sangat mudah dijalankan karena memiliki fitur yang lengkap. Jika kita menggunakan yang pro-nya maka fiture akan lebih banyak.
Oleh karena itu, kami berharap aplikasi Xmind ini dapat dikembangkan demi kemajuan teknologi dan juga agar siswa yang kesusahan untuk memahami materi sekolah maupun materi perkuliahan dapat dengan mudah mereka pahami.




DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

MAKALAH LINGKUNGAN BELAJAR

Paper Pemograman Berbasis WEB