could storage artikel

PEMANFAATAN COULD STORAGE SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Amelia
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Unsyiah

Abstrak
Perkembangan teknologi membawa manusia ke masa modernisasi dimana semuanya menjadi lebih mudah untuk dikerjakan. Salah satunya kemajuan dibidang media penyimpanan. Dulu kita hanya mengetahui media penyimpanan seperti hard diks, flasdiks, CD, dan lainnya yang memiliki resiko kehilangan data yang disimpan baik akibat kerusakan maupun gangguan virus. Sekarang dengan adanya could storage kita tidak perlu khawatir lagi tentang hal itu. Could storage adalah media penyimpanan dengan menggunakan akses internet saat penggunaannya. Layanan Could storage dapat memudahkan kita dalam memperoleh data yang kita perlukan dimana saja kita berada tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan layanan ini kita hanya membutuhkan perangkat yang memiliki koneksi internet. Could storage dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar, dengan could storage kita dapat menyimpan semua data pelajaran di satu media saja tanpa tersebar di berbagai perangkat. Artikel ini bertujuan menjelaskan tentang pemanfaatan could storage sebagai sumber belajar. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari layanan could storage, dari mulai dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan bersama-sama, memback-up data, dan berbagi bahan pelajaran. Kesimpulan dari artikel ini yaitu could storage layak digunakan sebagai sumber belajar baik bagi pelajar maupun mahasiwa dalam mempermudah pengerjaan tugas maupun proses belajar.
Kata kunci: could storage, media penyimpanan, perkembangan teknologi.

Pendahuluan
Semakin banyak data yang kita peroleh, semakin banyak juga ruang penyimpanan yang kita butuhkan. Itulah yang menjadi persoalan pengguna tablet, komputer dan internet. Sebagian orang menyimpan data dengan menggunakan hard drives yang besar pada komputernya, sebagian lagi memilih untuk menyimpannya ke dalam CD atau flash disk, sebagian lagi malah memilih menghapus file-file yang lama agar dapat menyimpan file baru. kini perkembangan tekologi telah menawarkan media penyimpanan data online yang dikenal dengan nama could storage. Media penyimpanan could storage dapat kita akses kapanpun dan dimanapun tanpa harus menggunakan perangkat khusus, kita hanya perlu perangkat yang tersedia koneksi internet.
Dengan media penyimpanan could kita tidak perlu khawatir akan kerusakan perangkat elektronik ataupun serangan virus yang akan mejadi penyebab kehilangan data. Data-data yang kita milikipun tidak akan tersebar diberbagai perangka sehingga memudahkan kita saat mencari data yang kita perlukan, karena layanan could storage menyediakan kapasitas ruang penyimpanan yang sangat besar bahkan gratis. Jika mungkin ruang yang disediakan secara gratis oleh layanan could tidak mencukupi kebutuhan kita, kita dapat menambah kapasitas penyimpanan could dengan layanan could berbayar. Atau kita dapat memperoleh ruang penyimpnan baru dengan menggunakan beberapa akun layanan could storage.
Layanan could storage pun menyediakan fitur-fitur lain yang dapat memudahkan pekerjan, seperti fitur berbagi sehingga kita dapat membuat tugas secara bersama-sama tanpa harus bertatap muka secara langsung. Jadi sangat memungkinkan layana could storage ini dijadikan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa maupun pelajar.
Namun yang menjadi masalah adalah, belum banyak orang yang mengetahui tentang layanan could storage ini. Padahal, sangat banyak manfaat dari penggunaan layanan ini. Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan bagaimana penggunaan could storage sebagai sumber belajar.

Landasan Teori
Pengertian dan Sejarah Could Storage
Could storage merupakan sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umunya seperti CD atau hard diks, teknologi could storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang dibutuhkan untuk mengakses file hanya perangkat computer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.
Istilah could storage berasal dari Bahasa inggris yaitu could dan storage. Could yang artinya awan merupan sebuah ibarat dari kata internet. Internet diibaratkan layaknya sebuah awan yang luas yang mampu menampung banyak hal mulai dari informasi, hingga program-program dalam suatu tempat dan dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh semua orang. Sedangkan storage memiliki arti penyimpanan atau media penyimpanan, dalam hal ini yang dapat disimpan adalah data-data digital mulai dari data tertulis, audio, visual, hinggaa program ataupun aplikasi digital. Jadi secara umum could storage dapat diartikan sebagai teknologi yang menggunakan internet sebagai media penyimpanan data-data digital yang kita miliki.
Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem komputasi awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Komputasi Awan merupakan konsep dasar dari adanya layanan Cloud Storage. Dengan penerapan teknologi Komputasi Awan, penyedia layanan Cloud Storage bisa membangun media penyimpanan secara online tersebut. Mengenai komputasi awan, teknologi ini merupakan salah satu teknologi jaringan internet yang memiliki sejarah pengembangan yang cukup panjang.

Secara simple, sistem Komputasi Awan menggunakan serangkaian komputer server yang telah dioptimasi dengan sistem penyimpanan yang nantinya membentuk banyak virtual server atau tempat penyimpanan data dalam jaringan internet. Data yang tersimpan pada virtual server tersebut akan tetap ada dalam server pusat dan jika pengguna memerlukan data tersebut, maka tinggal mengaksesnya dan akan tersimpan secara sementara pada perangkat kita.
Teknologi ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan sekitar tahun 1960an oleh seorang insinyur teknik komputer dari MIT bernama John McCarthy. Pada waktu itu memang sistem tersebut belum diterapkan pada jaringan internet namun hanya dalam sistem jaringan infrastruktru seperti listrik dan air. Namun pada waktu itu John McCarthy sudah mulai mengungkapkan konsep pengabungan sistem dalam media khusus yang akhirnya kini dikembangkan menjadi Komputasi Awan.
Perkembangan sistem yang mendasari Cloud Storage tersebut mulai diperkenalkan pada modern ini oleh perusahaan eCommerce Amazon pada tahun 2000. Amazon menjadi salah satu pelopor penggunaan sistem tersebut sebagai penjembatan dari semua layanan ecommerce miliknya yang masuk pada layanan Amazon Web Service.
Baru beberapa waku berikutnya perkembangan dari sistem Komputasi Awan semakin berkembang dengan pesat, seperti yang dilakukan oleh Google melalui salah satu layanannya Google Drive. Saat ini sudah cukup banyak penyedia jasa Cloud Storage yang bisa menjadi pilihan anda menyimpan data. Beberapa diantaranya merupakan layanan gratis yang dapat dipakai oleh siapa saja dan sebagian meruapakan layanan berbayar yang terkadang dikhususkan untuk melayani kebutuhan penyimpanan data IT dari perusahaan atau korporasi besar.
Keunggulan Could Storage
Dengan mengadopsi penggunaan internet sebagai media simpannya, teknologi could storage nyatanya mempunyai banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk lain. Secara umum ada 3 keunggulan teknologi could storage, yaitu:
·         Yang pertama adalah mengenai sisi skalabilitas, maksudnya adalah penggunaan could storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan perangkat keras, sebuah penyedia layanan could storage bias meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik daan efektif dengan menyesuaikan kapasitas could storage yang diperlukan.
·         Yang kedua adalah dalam hal aksesibilitas, maksudnya adalah kemudahan ketika anda ingin menggunakan layanan tersebut. Dengan adanya teknologi could storage, dengan mudah bisa mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapu selama perangkat masih terkoneksi internet. Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan could storage terutama bagi mahasiswa ataupun siswa yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan mudah dan cepat.
·         Keunggulan yang ketiga dari teknologi could storage adalah masalah keamanan. Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di could storage dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu, dengan menyimpan data di could storage juga dapat menguragi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik.
Manfaat Could Storage
Disamping mempunyai keunggulan layanan could storage juga mempunyai banyak sekali manfaat yang diperoleh dalam penggunaannya. Diantaranya:
1.       Kolaborasi
Berkolaborasi disini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama. Dilingkungan perkuliahan, could storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama mahasiswa dimana dapat memanfaatkan could storage untuk saling bertukar pikiran dan ide dalam mengerjakan tugas kelompok, tanpa harus bertatap muka secara langsung. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.
2.       Back up data penting
Alat elektronik sangat rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman virus yang dapat merusak ataupun menghilangkan data. Dengan mengunggah data-data penting ke layanan could storage, kita tidak perlu khawatir kehilangan data-data penting. Sangat berguna bagi para eksekutif kantoran, mahasiswa (bahan-bahan skripsi hilang adalah kasus yang paling sering terjadi), maupu pelajar yang masih sekolah.
3.       Alat berbagi
Layanan could storage dapat kita gunakan untuk membagi file yang kita punya kepada orang lain. Fungsi yang sering kita temui di layanan file sharing seperti mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di could storage. Kelebihannya lagi, could storage memiliki fungsi auto synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga kita tidak perlu repot-repot mengunggah file yang akan disebarkan.
Jenis-jenis Could Storage
Jika dilihat berdasarkan penggunaanya, penyimpanan data dalam could storage ini dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:
a.       Personal Could Storage
Jenis storage ini biasanya digunakan oleh seseorang secara personal untuk back up data-data yang dimilikinya. Beberpa smartphone bahkan telah menambahkan aplikasi could ini untuk mempermudah penggunanya ketika ingin melakukan back up terhadap datanya. Data yang sering di back up yaitu foto, video, lagu, dokumen, dan berbagai data lain yang dianggap penting.
b.       Public Could Storage
Jenis storage ini sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki jenis data tidak terstruktur. Perusahaan menyewa could storage dari provider could dan untuk mengelola seluruh data yang dimiliki perusahaan.
c.        Private Could Storage
Jenis ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang menginginkan fasilitas kemamanan serta kecepatan lebih dibandingkan jenis could storage yang lain. Pada storage ini, provider akan membentuk sebuah infrastruktur dalam pusat data perusahaan, dan keduanya akan berinteraksi didalamnya.
d.       Hybrid Could Storage
Merupakan gabungan antara public dan private. Data akan terbagi dua, yaitu data yang dianggap penting akan tersimpan dalam private could storage dan data lainnya disimpan dalam public could storage.
Contoh Layanan Could Storage
Banyak sekali penyedia layanan could storage, masing-masing memiliki kekhususan tersendiri. Baberapa penyedia layanan could storage antara lain:
1.       Google Drive
Google drive merupakan layanan could storage yang dimiliki oleh sang raksasa mesin pencarian google. Google drive menyediakan 15 GB penyimpanan gratis yang dibagi dengan berbagai layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dan lain-lain yang bersama dengan google drive. Google drive memungkinkan anda menyimpan, berbagai dan mengedit file dengan mudah dari berbagai perangkat. Anda juga dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk mengakses dan bekerja dengan file seperti dokument, spreadsheet, dan presentasi. Selain itu, banyak fitur yang bisa Anda dapatkan di google drive dengan memanfaatkan fungsi pada aplikasi web yang lain. Google drive dapat dimiliki dengan mudah selama mempunyai akun email milik google yaitu Gmail.
2.       Dropebox
Dropbox adalah layanan penyimpanan awan atau cloud storage terbaik di dunia saat ini, dengan layanan ini Anda dapat menyimpan semua file Anda dan sangat mudah untuk diakses maupun dibagikan ke orang lain. Dropbox sangat mudah digunakan dan tersedia di hampir semua platform dan perangkat. Dropbox akan memberikan Anda ruang penyimpanan awan sebesar 2 GB gratis untuk setiap pengguna dan Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan yang lebih besar lagi sampai 16 GB gratis jika Anda berhasil mengajak teman Anda untuk juga menggunakan layanan cloud storage milik dropbox ini.
3.       One Drive
Microsoft yang sebelumnya mempunyai layanan cloud storage bernama SkyDrive sekarang memperbaharui layanan penyimpanan awan mereka dengan berbagai macam fitur dan kelebihan lain dengan nama Onedrive. Microsoft juga tidak mau kalah dengan layanan cloud storage lain dalam upaya untuk mendapatkan ratusan juta pelanggan untuk menggunakan Onedrive dengan memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar 7 GB sampai 15 GB untuk penggunanya. Seperti halnya Dropbox, microsoft juga akan memberikan Anda tambahan ruang penyimpanan sebesar 5 GB jika Anda berhasil mengajak teman Anda atau siapa saja untuk juga menggunakan OneDrive dan juga 3 GB lebih untuk memungkinkan Anda mem-backup foto.
4.       Box
Box adalah layanan cloud storage yang lebih populer dikalangan bisnis dan perusahaan, berbeda dengan dropbox yang lebih populer dikalangan individu. Box memberikan Anda 10 GB penyimpanan gratis untuk penggunaan pribadi. Dengan account pribadi Anda hanya dapat meng-upload file yang lebih kecil karena dibatasi 250 MB saja ke media cloud storage box. Anda juga dapat mengakses file Anda dengan menggunakan berbagai macam perangkat dan platform dengan berbagai sistem operasi.
5.       Mega
Mega mungkin seperti sebuah nama layanan yang tidak asing buat Anda. Ya benar Mega adalah layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang merupakan layanan file download upload yang pernah sangat populer. Setelah megaupload.com ditutup, sekarang perusahaan tersebut meluncurkan Mega sebagai layanan penyimpanan berbasis awan atau cloud storage. Mega memberikan Anda ruang penyimpanan gratis sampai 50 GB, ini tentu merupakan ruang penyimpanan yang cukup besar bisa Anda gunakan.
6.       Adrive
ADrive adalah layanan cloud storage yang juga memberikan ruang penyimpanan yang besar seperti yang Mega berikan, Adrive memberikan 50 GB penyimpanan awan gratis dengan rekening pribadi. Tapi ada kelemahan menggunakan layanan ini yaitu Anda dengan akun gratis akan kehilangan fitur terbaik dari ADrive seperti upload file yang mencapai 16 GB dan juga harus rela terganggu dengan iklan di aplikasi ADrive pada Android dan iOS.
7.       Bitcasa
Bitcasa adalah layanan cloud storage terbaik lainnya yang bisa Anda coba, layanan penyimpanan awan milik Bitcasa ini sangat mengutamakan keamanan data Anda yang meletakkan penekanan pada privasi data Anda. Semua data yang Anda simpan di cloud storage Bitcasa akan terlebih dahulu dienkripsi sebelum di upload dan hanya Anda yang dapat melihatnya. Bitcasa ini memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar 25 GB dan Anda dapat mengakses data Anda dari 3 perangkat yang berbeda dengan berbagai platform.
8.       SpiderOak
SpiderOak adalah layanan cloud storage yang juga lebih menekankan pada privasi data Anda, sehingga mereka menjamin akan keamanan data Anda yang tersimpan pada layanan cloud storage miliknya. SpiderOak hanya memberikan sedikit ruang penyimpanan awan mereka yang hanya sebesar 2 GB secara gratis, tapi Anda masih dapat meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan awan Anda sampai 10 GB dengan mengajak teman-teman Anda untuk menggunakan SpiderOak (Anda mendapatkan 1 GB untuk setiap teman Anda yang Anda ajak mau menggunakan layanan SpiderOak).
9.       Tencent Weiyun
Tencent adalah layanan cloud storage terbaik lainnya yang di dirikan oleh perusahaan internet Cina, Layanan Tencent ini memberikan ruang penyimpanan sangat besar yaitu 10 TB secara gratis untuk setiap pengguna baru. Tentu saja ini merupakan ruang penyimpanan berbasis awan yang sangat besar dan bisa Anda gunakan secara gratis. Namun meskipun 10 TB adalah ruang yang besar, hal ini masih ada yang akan memberikan ruang penyimpanan jauh lebih besar lagi yang juga diberikan oleh layanan cloud storage dari cina. Silahkan lihat perusahaan dibawah ini.
10.    Qihoo 360 Yunpan
Qihoo 360 adalah sebuah perusahaan keamanan internet terkenal China yang menawarkan banyak ruang penyimpanan cloud secara gratis. The Qihoo 360 Hard Cloud menawarkan ruang cloud storage sebesar 36 TB (36.864 GB!) gratis. Namun dengan ruang penyimpanan berbasis awan yang besar dan diberikan secara gratis hanya bisa Anda dapatkan dari layanan yang berasal dari cina, ini tentu saja bisa menjadi tanya besar kenapa mereka sangat berani memberikan ruang sebesar itu. Tentu saya menyarankan bagi Anda untuk menggunakan layanan cloud storage yang memberikan ruang penyimpanan gratis yang wajar agar data Anda tetap aman dan privasi Anda tetap terjaga.
11.    Amazon Could Drive
Amazon could drive tidak lagi menawarkan layanan penyimpanan yang benar-benar gratis, akan tetapi untuk anggota amazon prime akan mendapatkan penyimpanan gratis unlimited untuk foto dengan langganan mereka. Biaya $ 99 per tahun dan termasuk bebas pengiriman pada produk amazon.com. untuk anggota non amazon-prime foto terbatas dapat disimpan sebesar $ 12 per tahun setelah percobaan 3 bulan gratis. Unuk $ 60 per tahun, amazon menawarkan semuanya unlimited.
12.    Apple Icould Drive
Aple icould drive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis 5 GB. Pengguna yang ingin menambahkan kapasitas volume penyimpanan dapat melakukannya dengan $0.99 per bulan untuk 20 GB, $ 4 per bulan untuk 200 GB dan $ 20 per bulan untuk 1 TB. Icould dimaksudkan untuk pengguna apple, tapi ada sebuah aplikasi icould untuk pengguna windows. Sedangkan untuk pengguna android anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses layanan penyimpanan icould.
13.    Copy
Copy adalah layanan could storage dari barracuda networks, sebuah perusahaan IT yang mengkhusukan diri dalam keamanan dan penyimpanan. Kapasitas gratis yang tersedia 15 GB, untuk $ 5 per bulan atau $ 49 per tahun pengguna bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 250 GB. Ada juga produk EFSS bernama “copy for companies” yang dimulai pada $ 699 untuk 500 GB pada layanan virtual.
14.    Dump Truck
Pengguna dump truck bisa mendapatkan ruang penyimpanan gratis 5 GB, diluar itu penyimpanan tambahan dimualai pada $ 5 untuk 50 GB dan $ 50 untuk 500 GB per bulan. Mereka juga mempunyai beberapa layanan lainseperti personal VPN, secure online storage, encrypted messaging.
15.    Hidrive
Diluar kapasitas penyimpanan 5 GB gratis, volume ruang hingga 100 GB dikenai biaya $ 6.30 per bulan dan untuk 500 GB dikenai biaya $ 12.50 per bulan. Hidrive oleh starto AG adalah sebuah perusahaan teknologi jerman.
16.    Pcould
PCloud menawarkan kepada pengguna awal 10GB penyimpanan gratis dan pengguna bisa mendapatkan hingga 10GB tambahan dengan mengundang pengguna lain untuk menggunakan layanan. pCloud menawarkan 500GB seharga $ 4 per bulan atau $ 8 per bulan untuk 1TB. PCloud didirikan pada 2013 dan berbasis di Swiss.
17.    Stream Nation
Stream Nation dilengkapi dengan paket dasar 20GB gratis, penyimpanan tambahan dengan $ 4 untuk 100GB, dan $ 14 per bulan untuk 1TB. Harga tersebut meningkat sebesar $ 1 masing-masing jika pelanggan membayar bulan ke bulan bukan berkomitmen untuk satu tahun penuh pelayanan.
18.    Syncplicity
Syncplicity adalah perusahaan berbagi layanan EMC (EFSS), yang dimaksudkan untuk bersaing dengan Box. Syncplicity menawarkan ruang penyimpanan sebesar 10GB gratis per bulan dan memiliki rencana yang berorientasi bisnis lainnya mulai dari $ 60 per bulan dengan kapasitas ruang volume sebesar 300GB, ditambah 5GB untuk setiap pengguna.
Kukarangan Layanan Could storage
Dari berbagai manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh layanan could storage namun layanan ini juga mempunyai kelemahan tersendiri yaitu terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun kita dibuka orang lain. Kelemahan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, yang mungkin disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Proses pengaksesan data yang harus memerlukan internet membuat pengguna harus selalu dalam koneksi internet yang bagus, proses berbagi atau berkolaborasi dapat terganggu apabila jaringan internet kurang stabil.

Hasil dan Pembahasan
Layanan could storage dapat digunakan kapanpun dan dimanapun asalkan mempunyai akun could. Kita dapat memilih salah satu akun could storage yang menurut kita paling bagus atau dapat pula memiliki beberapa could storage, semuannya tergantung keperluan ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Salah satu akun could storage yang paling dikenal saat ini adalah google drive yaitu layanan could storage milik google yang bisa kita gunakan dengan mempunyai email google yaitu gmail. Jika kita telah mempunyai gmail kita dapat menggunakan google drive untuk segala keperluaan kita. Google drive tidak hanya bisa digunakan sebagai media penyimpana data saja melainkan dapat pula digunakan sebagai pusat pembuatan dokumen, slide dan masih banyak lagi langsung dibrowser dan setiap peruabahan pada data kita akan tersimpan secara otomatis. Di google drive kita juga bisa menambah app untuk memperluas kinerjanya.
Berikut ini adalah cara menggunakan google drive:



1.       Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mebuat akun google yaitu gmail. Setelah mempunyai akun google kita dapat masuk ke google drive menggunakan gmail yang sudah dibuat.

2.       Masuk ke browser dan pilih google. Kemuadian klik di ikon kotak-kotak kecil berwarna yang ada di pojok kiri atas layar seperti tampak pada gambar dibawah ini.



3.       Setelah mengeklik ikon diatas maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Kemudian pilihlah google drive untuk membuka google drive.



4.       Maka akan muncul tampilan google drive, kemudian kita tinggal mengisikan email google kita dan pilih masuk. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.



5.       Untuk menambahkan dokumen baik itu mengetik atau mengunggah kita bisa menjalankannya dengan mengeklik di new. Misalnya kita ingin mengetik makalah atau lainnya yang berbasis doc. Caranya klik di new, maka akan munul tampilan seperti gambar dibawah ini.



6.       Pilih google docs, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini


Setelah muncul seperti gambar diatas dokumen siap diedit atau kita bisa mebuat document yang kita inginkan.

7.       Jika kita ingin mengerjakan dokumen tersebut dengan kawan kita secara bersama-sama kita hanya peril mengeklik di ikon share, sehingga muncul seperti gambar berikut.


Kemudian isilah email kawan yang ingin di share, tuliskan notenya dan pilih sent. Bila muncul pertanyaan pilih yes. Maka bahan akan terkirim ke kawan kita dan kita dapat mengerjakan dokumen tersebut secara bersama-sama.
Masih banyak hal yang dapat dilakukan dengan google drive. Google drive sangat membantu proses belajar apabila diaplikasikan dalam proses belajar. Misalnya, seperti penggunaan google drive dalam pelaksanaan ujian dengan google drive seorang pengajar dapat memberikan ujian online untuk meningkatkan wawasan pelajarnya.
Selain google drive masih banyak layanan could storage lainnya yang memiliki kelebihannya tersendiri misalnya box. Box adalah layanan could storage situs penyimpanan data online pertama yang pernah ada di dunia maya. Box diluncurkan pertama kali pada tahun 2005 silam dan telah memiliki banyak pengguna sampai sekarang ini. Dua jenis layanan yang ditawarkan oleh Box, yaitu penggunaan umum dan penggunaan bisnis. Untuk setiap sistem operasi dan browser yang dipakai penggunanya, Box menawarkan layanan yang berbeda, seperti scanning, sharing, dan editing. Box dapat diakses dengan menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows, Mac, iOS, Androis, dan BlackBerry.
Berikut adalah cara memperoleh akun box dan menggunakannya:
1.       Yang pertama yang harus dilakukaan adalah mendapatkan akun box dengan cara membuka www.box.com/could-storage maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut



2.       Pilih get started, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.



3.       Klik di sig-in untuk mendaftar di akun box. Maka akan muncul tampila seperti gambar berikut



4.       Isilah data yang diminta seperti terlihat pada gambar dibawah ini, kemudian pilih submit



5.   Kemudian layanan box could storage akan mengirim email ferivikasi ke email yang anda masukkan. Bukalah emai anda klik di verity email. Berikut adalah tampilan email dari layanan box yang masuk ke email anda



6.       Stelah memverifikasi email, maka proses pendaftaran berhasil. Sekarang kita bisa masik kea kun box kita dengan sig-in atau memasukkan email yang telah terdaftar seperti terlihat pada gambar berikut


7.       Maka akan muncul tampilan selamat dating seperti yang terlihat pada gambar berikut ini



8.       Sekarang layanan box dapat dioperasikan sesuai keinginan anda. Bila ingin mengupload data, cukup klik di upload kemudian tinggal memilih file mana yang ingin di upload seperti gambar berikut ini



9.       Berikut adalah tampilan file file yang sudah diupload



Kesimpulan
Could storage adalah teknologi yang menggunakan internet sebagai media penyimpanan data-data digital yang kita miliki. Pada dasarnya could storage adalah pengembagan dari could computing. Banyak keunggulan yang dapat kita peroleh dari layanan could salah satunya adalah memudahkan kita mengaskses data yang kita miliki di mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan perangkat khusus, kita cukup mengandalkan perangkat yang terkoneksi internet. Layanan could storage dapat kita fungsikan sebagai alat berbagi dengan dengan orang lain ataupun alat berkolaborasi untuk mengerjakan suatu tugas maupun PR bagi mahasiswa maupun pelajar dengan mudah tanpa harus pergi bertatap muka secara langsung. Ada empat jenis penyimpanan could yaitu personal, private, public, dan hybrid could storage. Penyedia layanan could sangat banyak salah satunya google drive yang sangat mudah dapat kita miliki secara gratis dengan mempunyai akun gmail.
Dengan berbagai keunggulan dan manfaat yang diberikan oleh layanan could storage sangat membantu dalam proses belajar, dengan hal ini maka layaklah bila could storage dimanfaatkan sebagai sumber belajar pelajar maupun mahasiswa. Dalam proses belajar mahasiswa maupun pelajar ada baiknya bila menggunakan could storage ini sebagai sumber belajar. Layanan could storage memungkinkan penggunanya untuk menyimpan berbagai data-data penting tanpa harus khawatir akan kehilangan data-data tersebut.

Daftar pustaka

Anonim. Tanpa tahun. Cloud Storage ~ Teknologi Penyimpanan Digital Masa Kini. Diakses melalui (https://www.maxmanroe.com/cloud-storage-teknologi-penyimpanan-digital-masa-kini-2.html). Tanggal akses 05 juni 2017.

Anonim. 2015. Jenis – Jenis Cloud Storage. Diakses melalui (http://artikeldaninformasi.com/jenis-jenis-cloud-storage/). Tanggal akses 05 juni 2017.

Anonim. 2015. 17 Could Storage Gratis Terbaik Pilihan 2015. Diakses melalui (http://salatigadev.com/17-cloud-storage-gratis-terbaik-pilihan-2015/). Tanggal akses 05 juni 2017.

Anonim. Tanpa tahun. 3 Manfaat Could Storage dalam Kehidupan Sehari-hari. Diakses melalui (http://cloudindonesia.com/3-manfaat-cloud-storage-dalam-kehidupan-sehari-hari/). Tanggal akses 05 juni 2017.

Adyan T., Claudia. 2014. Clould storage. Diakses melalui (http://claudiatariganptmd.blogspot.co.id/2014/09/cloud-storage.html). Tanggal akses 05 juni 2017.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

MAKALAH LINGKUNGAN BELAJAR

Paper Pemograman Berbasis WEB